Rabu, 13 Februari 2013

SENI ARSITEKTUR

Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.
Beberapa contoh seni arsitektur :
11.    Metropol Parasol



Metropol Parasol yang merupakan bagian dari Plaza de la Encarnacíon di Seville.
Bangunan ini baru selesai dibangun tahun ini setelah lima tahun pembangunan. Uniknya bangunan ini terbuat dari kayu, menjadikan bangunan ini sebagaian salah satu seni instalasi kayu terbesar di dunia.
Bangunan ini berbentuk seperti sarang lebah, di dalamnya terdapat museum arkeologi, pasar petani, dan atap panoramic. Struktur berlubang nya menawarkan keteduhan bagi pengunjung.

Perancangnya, Jürgen H. Mayer, mengatakan, "Bentuk bangunan ini terinspirasi oleh kubah katedral Sevilla", hasil karyanya ini disebut katedral tanpa dinding. Desainnya sendiri memadukan antara kayu dan besi.
22.    DENVER
 
DENVER - Bagi mereka yang mengagumi karya awal Daniel Libeskind itu, lintasan baru-baru ini telah menyakitkan untuk menonton. Setelah melonjak ke ketenaran pada tahun 1999 dengan bentuk zig-zag menggugah Museum Yahudi di Berlin, ia telah menderita penghinaan dalam perannya sebagai perencana master di ground zero, tidak begitu banyak untuk desain sebagai penolakan yang konsisten untuk berdiri untuk itu. Dan bangunan terburuknya, seperti sebuah museum perang 2002 di Inggris menyarankan pecahan bola dunia patah, bisa tampak seperti karikatur estetika sendiri.

33.    Masjid Rahmatan Lil-Alamin

Masjid Rahmatan lil Alamin dibangun di Kampus Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Mesjid ini sangat megah. Masjid ini bisa disebut sebagai salah satu mesjid terbesar di dunia yang berukuran 6 hektar dan berlantai 6 dengan kapasitas mencapai 100.000 orang.

44.    Bangunan romawi


Arsitektur romawi dalam membuat bangunan menggunakan teknik yang belum dikenal oleh bangsa Yunani dan masih digunakan oleh bangsa-bangsa sesudahnya, termasuk di zaman sekarang, yaitu teknik cor beton. Bisa dibayangkan bagaimana teknik ini digunakan pada saat bangsa lain masih menggunakan tumpukan batu atau batu bata dengan menggunakan semacam aci sebagai perekatnya. Seni bangunan yang didirikan oleh bangsa Romawi tidak hanya berfungsi sebagai bangunan peribadatan keagamaan, tetapi sebagai bangunan yang bersifat keduniawian. Sampai sekarang bangunan-bangunan kuno hasil kreativitas bangsa Romawi ini masih bisa dilihat, berdiri kokoh laksana bangunan yang dibuat setelah abad 20.
55.    Masjid Islamic Centre, Samarinda

Masjid Islamic Centre, Samarinda terletak di Jl Slamet Riyadi, Samarinda, Kalimantan Timur. Bangunan masjid ini memiliki kubah utama dan ornamen-ornamen keemasan yang amat cantik. Sumber inspirasi desain masjid yang amat besar ini berasal dari Masjid Nabawi yang bersuasana religius di Madinah dipadukan dengan Masjid Agung yang artistik di Turki.

0 komentar:

Posting Komentar